Email,Mailing List & FTP




E-MAIL

 - Pengertian
E-mail adalah sarana kirim dan mengirim surat melalui jalur Internet atau bisa juga diartikan surat dengan format digital (ditulis dengan menggunakan komputer atau gedget yang telah mendukung aplikasi email) dan dikirimkan melalui jaringan Internet. Layanan e-mail dapat dikelompokkan dalam 2 basis, yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Untuk para pengguna email berbasis client, aktifitas email dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, contohnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet). Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (recieve) email dari mailbox.

-Fungsi
Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirimkan/menerima surat, dan data yang bisa dilampirkan dalam surat tersebut. Datanya pun berupa data digital bukan berkas nyata. Data yang bisa dikirim melalui email diantaranya ialah :
- Data Ketikan           
- Musik
- Video
- Gambar
- Program
- Software
- Virus
- dan data-data digital lainnya.

- Cara Kerja Email
Pengguna menulis email dan kemudian menginstruksikan aplikasi email untuk mengirimkannya pada alamat penerima.

Aplikasi email mengirim email pada komputer mirip seperti seperti kantor pos dan melayani proses penerimaan dan pengiriman email. Komputer demikian disebut email server.

Email server mengidentifikasikan alamat tujuan dan mengirimkannya ke email server yang lain yang lebih dekat ke alamat tujuan. Ada kalanya, sebuah email dikirimkan melalui beberapa email server, tergantung pada rute yang dilaluinya.

Setelah email sampai pada alamat penerima kemudia disimpan di email server hingga membuka kotak posnya.

Saat penerima membuka kotak posnya, aplikasi email penerima akan meminta email baru yang terdapat di email server dan mengunduhnya ke dalam komputer pengguna.

Penerima dapat segera membaca email baru yang telah di unduh.

- Jenis-jenis Email antara lain :
   1. POP mail (Post Office Protocol)
       Pengertian POP mail adalah email yang               diterima melalui Internet Service Provider         yang menjadi langganan kita (bagi Anda             yang connect internet dari rumah atau               kantor).
2. Webmail.
     Pengertian Web Mail (Web based e-mail)             adalah layanan email yang basis aksesnya         adalah dalam bentuk halaman web. Jika             ingin mengakses, memeriksa atau                         mengirim email, maka harus masuk ke               situs web penyedia layanan email                         dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk                   mengakses email kecuali dengan cara                 tersebut
3. Email forwarding.
    Pengertian Email forwarding adalah.                  layanan e-mail yang meneruskan e-mail              yang di terimanya ke alamat e-mail yang            lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang        yang suka ganti-ganti alamat e-mail.

MAILING LIST

-Pengertian
Mailing list merupakan pengembangan dari yahoo yang berbentuk group jadi jika ingin mengirim pesan harus terlebih dahulu masuk menjadi anggota group tersebut. untuk mengirimkan pesan atau data dalam bentuk digital. Pesan ini biasanya dikirim melalui medium internetcara kerja dari mailing list hamper sama dengan email hanya saja mailing list dalam bentuk grup.

 - Fungsi
Fungsi dari Mailing list yaitu kita dapat mengetahui informasi-informasi penting seperti, mulai dari lowongan pekerjaan, lowongan magang, hingga berita-berita terbaru mengenai suatu isu yang sedang hangat diperbincangkan.

- Cara kerja
Untuk menampilkan suatu berita atau pesan di mailing list agar dapat terhubung dengan alamat yang lain digunaka sebuah protocol (aturan) yaitu simple mail transfer protocol (SMPT) telah menjadi aturan dasar yang disepakati untuk pengiriman email. Demikian pula software email server pasti mendukung protocol ini. SMTP merupakan protocol yang digunakan untuk mengirim email (komunikasi antar mail server) dan tidak digunakan untuk berkomunikasi dengan client. Sedangkan untuk client, dgunakan protocol imap imaps pop3 pop3s.
Supaya mail server dapat diakses oleh client, dikembagkan sebuah aplikasi dimana client, dikembangkan sebuah aplikasi dimana client dapat mengakses email dari sebuah email server. IMAP merupakan sebuah aplikasi pada layer internet protocol yang memungkinkan client untuk mengakses email yang ada di server. Selain IMAP ada juga POP3 yang fungsinya sama dengan imap, akan tetapi memiliki kareteristik yang berbeda dalam cara pengaksesan pada server.
FILE TRANSFER PROTOCOL

- Pengertian
FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Dua hal pokok pada FTP yaitu FTP Server dan FTP Client. FTP juga bisa dikatakan sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah framework. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan pengngunggahan (upload) berkas-berkas komputer antara FTP Client dan FTP Server. Sebuah Client FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah Server FTP, sementara Server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah Client FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke Server FTP, serta mengunduh berkas dari Server FTP.

- Fungsi FTP
Fungsi FTP adalah Melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk internet. Dalam bahasa teknis, FTP dikenal sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer file antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. Hal ini mencangkup serangkaian peraturan dan prosedur untuk transfer data digital yang aman. FTP juga berfungsi untuk mempermudah dalam pembagian file-file., mempercepat secara tidak langsung atau implicyt menggunakan komputer remote, melindungi user dari berbagai file storage system antar host.
Sedangkan Fungsi FTP Server adalah menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file (File Exchange), yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapatkan request atau permintaan dari FTP Client. FTP Client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP Server untuk tujuan tukar menukar file (Upload dan Download File).

- Cara Kerja
 Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP. Sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Komentar